Ticker

6/recent/ticker-posts

BCA RESMIKAN DUA DESA BINAAN DI KECAMATAN SIJUK, DUKUNG PENGEMBANGAN PARIWISATA DI BELITUNG

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawatiupati menyerahkan cinderamata kepada Bupati Belitung Sahani Saleh dalam peresmian Desa Binaan bakti BCA Bukit Peramun dan Air Rusa' Berehun, Sabtu (4/5/2019). SatamExpose.com/Faizal

SIJUK, SATAMEXPOSE.COM - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti BCA meresmikan Desa Binaan Bukit Peramun & Wisata Aik Rusa’ Berehun, Sabtu (4/5/2019) di Bukit Peramun, Desa Air Selumar, Sijuk, Belitung.

Program ini diimplementasikan BCA sebagai keikutsertaan BCA dalam mendukung perkembangan pariwisata dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, BCA juga mengajak para Nasabah Prioritas untuk mengikuti hadir dalam peresmian ini dan menikmati tour di dua lokasi wisata tersebut. Program ini sesuai dengan pengembangan sektor unggulan di Belitung.

Direktur BCA Vera Eve Lim memaparkan, sektor pariwisata merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang diharapkan dapat mendatangkan devisa, memperluas lapangan pekerjaan, mendorong pembangunan daerah dan menjadi ajang memperkenalkan keindahan alam.

Pengelolaan infrastruktur yang baik dan SDM yang berkualitas di berbagai destinasi wisata di Indonesia menjadi salah satu faktor untuk menarik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Hal ini selaras dengan pilar Solusi Bisnis Unggul BCA, dimana fokus BCA dalam program kemitraan dengan komunitas adalah pemanfaatan potensi wisata berbasis komunitas yang dibentuk dalam Desa Wisata Binaan.

“Bangka Belitung yang terkenai dengan hasil tambang merupakan salah satu kota yang menjadi pilihan bagi para traveler untuk menikmati keindahan alam. Jarang diketahui, bahwa Beiitung memiliki desa yang menawarkan beberapa wisata menarik seperti wisata petualangan, wisata alam, dan wisata edukasi," urai Vera.

Bukit Peramun berasal dari banyaknya tanaman lokal yang sering diramu oleh masyarakat menjadi obat-obatan. Desa ini terletak pada ketinggian 129 mdpl di Wilayah Belitung bagian barat.

Kekayaan flora dan fauna ini dikembangkan dan dipadu dalam berbagai lokasi spot foto instagramable antara lain berupa rumah hobbit, jembatan cinta, batu kembar dan mobil terbang.

Desa Ini juga dikenal sebagai desa berbasis digital, karena keberhasilan pengurus desa dalam mengaplikasikan sistem QR Code untuk memperkenalkan jenis dan manfaat tanaman di Bukit Peramun dan virtual guide dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris).

Sementara itu Wisata Aik Rusa' Berehun, Terong dikenal sebagai desa kreatif atas keberhasilannya mengubah kawasan bekas galian tambang yang terbengkalai menjadi salah satu destinasi wisata di Belitung barat.

Di desa ini, pengunjung dapat menikmati makanan khas Belitung yang lebih dikenal dengan nama bedulang, wisata air, homestay, camping ground, paket edukasi mengayam, melukis camping, melihat pemandangan di Bukit Tebalu, kawasan mangrove dan perkebunan sayur.

Kedua desa ini dikembangkan oleh BCA melalui serangkaian kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang berorientasikan kualitas pelayanan yang unggul kepada wisatawan.

”Beragam langkah dan inisiatif kami lakukan dalam rangka mengembangkan potensi wisata di kedua desa ini dengan memfasilitasi beberapa pelatihan seperti layanan prima, standar layanan, creative selling skill, dan golden heart Ieadership, dan lain sebagainya,” tambah Vera.

"Dengan meresmikan dua desa ini kami berharap dapat berkontribusi meningkatkan sektor pariwisata utamanya di daerah Belitung, memajukan kualitas SDM lebih baik, hingga pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah,” tutup Vera.

Hadir dalam kegiatan ini Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Kepala Kantor Wilayah VI BCA Daniel Hendarto, KepaIa KCU BCA Tanjung Pandan Rustam, Kepala KCU BCA Pangkalpinang Vanessa Ciaudia Flaviana, Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. (fg6)