Ticker

6/recent/ticker-posts

BUPATI TINJAU JAJANAN LEBARAN, LOKA POM SEBUT BEBAS BAHAN BERBAHAYA

Gambar : Bupati dan rombongan tinjau  penjualan jajanan lebaran, senin (10/5).



TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.com Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.sos, didampingi Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perdagangan serta Kepala Dinas Kesehatan dan lakukan peninjauan di beberapa sarana penjualan jajanan lebaran.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan jajanan Idul Fitri 1442 Hijriah di Belitung bebas dari kandungan bahan berbahaya sehingga aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Belitung, Singgih Prabowo Adi ketika ditemui wartawan pada senin(10/5) memastikan jajanan lebaran di Belitung aman.

Singgih juga mengatakan hingga hari ini senin (10/5) sudah ada 66 sampel yang diambil dari sebelas sarana distribusi dan dilakukan pengujian hasilnya semua bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, boraks, rhodamin B dan methanyl yellow.

"Kami melakukan pengecekan ke beberapa toko untuk menguji sampel pangan dan hasil uji semuanya bebas dari kandungan bahan berbahaya," ujarnya.

Dalam intensifikasinya, Loka POM Belitung menemukan satu buah produk, produk Tanpa Izin Edar (TIE) sebanyak 86 buah serta produk kadaluarsa sebanyak 33 buah.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh mengimbau kepada masyarakat agar cerdas dalam memilih pangan aman dengan selalu melakukan pengecekan kemasan, label, izin edar serta masa berlakunya.

"Selalu lakukan pengecekan kemasan ketika berbelanja dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan juga menjaga jarak," tandasnya. (rus)